Apakah Semua Penghilang Karat Mengandung Asam Fosfat?

Ini adalah praktik umum untuk mengemas produk perawatan karat yang mengandung asam fosfat dan secara tidak tepat memberi label sebagai "penghilang karat". Namun asam fosfat dalam produk ini sebenarnya berfungsi sebagai konverter karat, yang merupakan kelompok produk perawatan karat yang sama sekali berbeda dan berbeda.

Produk penghilang karat berbahan asam biasanya mengandung asam atau larutan kaustik seperti asam oksalat sebagai bahan aktif untuk menghilangkan karat dari permukaan logam. Sayangnya, asam oksalat adalah bahan kimia yang keras dan beracun yang dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi siapa saja yang berhubungan dengannya.

Penghilang karat buatan sendiri seperti lemon atau air jeruk nipis dan cuka putih juga bekerja dengan prinsip yang sama. Lemon dan jeruk nipis keduanya mengandung asam sitrat sedangkan cuka adalah larutan asam asetat encer.

Sebagai penghilang karat buatan sendiri, asam asetat yang ditemukan dalam cuka putih bekerja dengan bereaksi dengan karat untuk membentuk garam yang tidak berbahaya dan larut yang dapat Anda bersihkan. Meskipun penghilang karat buatan sendiri tidak seefektif asam oksalat dalam mengobati benda-benda logam yang berkarat.

Di sisi lain, produk penghilang karat yang mengandung asam fosfat sebagai bahan aktif harus diklasifikasikan sebagai "konverter karat". Mereka hanya dipromosikan sebagai penghilang karat untuk menghasilkan lebih banyak penjualan di perangkat keras karena konsumen lebih akrab dengan kategori terakhir.

Konverter karat tidak menghapus atau menghapus karat. Sebaliknya, asam fosfat bekerja pada karat (oksida besi) dengan warna coklat kemerahan menjadi senyawa yang tidak berbahaya dan kehitaman yang dikenal sebagai fosfat besi.

Anehnya, besi fosfat memberikan perlindungan tambahan ke permukaan logam dengan mencegah lebih banyak korosi dari terjadi. Selain itu, Anda dapat memperpanjang umur tutupan fosfat besi dengan menambahkan lapisan atas tahan karat di atasnya.

Konverter karat sebenarnya adalah produk perawatan karat pilihan pertama oleh pemilik rumah DIY. Dibandingkan dengan penghilang karat, pengonversi karat berbasis asam fosfat tidak mahal, mudah diterapkan, dan aman digunakan. Singkatnya, Anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan yang dilakukan dengan sedikit usaha dan biaya.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Anda sudah bisa memiliki stok konverter karat yang cukup besar di lemari es Anda. Ini kaya asam fosfat dan karbonat, dan paling mungkin, Anda dan keluarga Anda minum banyak dari itu setiap hari. Faktanya, ini adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia saat ini. Itu tidak lain adalah soda.

Jadi jika Anda perlu merawat benda-benda logam kecil yang sarat dengan karat tetapi Anda tidak punya waktu untuk pergi ke perangkat keras, Anda dapat merendamnya pada segelas Coke semalam. Keesokan paginya, Anda akan terkejut menemukan bahwa korosi telah hilang. Itu adalah asam fosfat beraksi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: , , , , , ,