Otomotif 101 – Mendiagnosis Teknologi

Setelah musim panas yang panjang dan kasus penulis blok ringan, saya akan mengubah sedikit nada di posting terbaru saya. Ini agak panjang, agak teknis, tetapi berfungsi sebagai wawasan untuk satu hari dalam kehidupan seorang pemilik teknisi-bisnis otomotif, teknologi yang kita tangani dan masalah-masalah kecil yang kita hadapi lebih sering daripada tidak.

Saya baru-baru ini melakukan servis pada tahun 1999 Suzuki Grand Vitara dengan kekhawatiran pelanggan karena tidak dapat melewati inspeksi Delaware State. Alasan kegagalan pemeriksaan adalah bahwa 3 monitor komputer OBDII tidak ditetapkan. Monitor-monitor yang tidak diatur dalam status yang lewat adalah; sensor oksigen, catalytic converter dan sistem evaporatif. Delaware Motor Vehicle memberi pemilik salinan cetak persyaratan "siklus penggerak" untuk memungkinkan monitor berjalan untuk kendaraan khusus itu. Pemilik kendaraan mencoba 3 kali lebih selama rentang 2 bulan saat mengemudi total 1.043 mil dalam upaya untuk mendapatkan monitor ini untuk mengatur. Setiap tes ulang menghasilkan hasil kegagalan yang sama.

Untuk membantu Anda memahami teknologi dan terminologi terkait yang terkandung dalam paragraf sebelumnya dan cerita berikutnya, pertama-tama saya akan menjelaskan istilah-istilah tersebut secara lebih terperinci;

• OBDII-On Board Diagnostics Generation 2. semua kendaraan yang diproduksi sejak tahun 1996 direkayasa dengan teknologi ini dalam sistem komputer untuk memenuhi standar Emisi yang Disetujui Federal.
• Monitor – Pengujian diri yang dilakukan oleh modul kontrol power train (komputer) pada berbagai sistem yang mempengaruhi output emisi dari kendaraan serta mengendalikan operasi dan kinerja kendaraan. Ketika monitor "set", itu telah lulus ujian.
• Drive Cycle – Kondisi yang harus dipenuhi untuk berbagai tes mandiri (monitor) untuk diatur. Beberapa contoh adalah suhu mesin, kecepatan kendaraan, beban mesin, suhu luar, tingkat tangki bahan bakar, dan tekanan tangki internal.

Saya menghubungkan salah satu pemindai diagnostik kami (peralatan yang berharga $ 6000 untuk membeli dan $ 2000 setiap tahun untuk terus diperbarui) dan melakukan pemindaian cepat sistem komputer untuk memeriksa kode. Saya juga memverifikasi monitor yang tidak diatur sesuai dengan catatan kegagalan dari DMV. Tidak ada kesalahan yang tersimpan baik dalam status saat ini atau tertunda dan 3 monitor yang disebutkan sebelumnya tidak berjalan. Tinjauan tentang pabrikan papan buletin teknis yang diterbitkan saat ini dikombinasikan dengan menyisir forum otomotif tempat kami berada, tidak menawarkan solusi cepat untuk masalah ini.

Dengan pemindai diagnostik masih terhubung, saya memilih semua 4 sensor oksigen untuk memonitor aktivitas mereka. Dengan kendaraan berjalan, salah satu sensor beroperasi pada tegangan tetap daripada melanggar sebagaimana mestinya, namun pembacaan tidak berada di luar parameter untuk menetapkan kode kesalahan untuk sensor kekurangan yang jelas. Untuk mengisolasi penyebab kesalahan ini, saya kembali memeriksa sensor untuk menguji tegangan, kemudian menguji tegangan langsung pada konektor harness komputer dan akhirnya melewati sirkuit di kabel wiring harness dengan kawat jumper untuk memverifikasi dan membandingkan berbagai pembacaan melalui sirkuit. Sebelum tes-tes ini, penyebab yang mungkin adalah sensor oksigen yang rusak, kabel yang salah untuk sirkuit sensor atau kesalahan internal di komputer. Akhirnya saya mengganti sensor oksigen yang gagal.

Setelah menguji ulang sistem dengan sensor oksigen yang baru dipasang, sudah waktunya untuk melakukan siklus drive untuk melihat apakah salah satu monitor akan berjalan. Selama 10 menit siklus pertama, set monitor sensor oksigen, meninggalkan catalytic converter dan monitor sistem penguapan masih belum diatur. Delaware Motor Vehicle memungkinkan kendaraan 1999 untuk lulus dengan 2 monitor tidak diatur, tapi saya tahu lebih baik daripada menelepon pelanggan dan mengatakan itu diperbaiki dan siap untuk diperiksa. Saya membiarkan kendaraan mendingin selama beberapa jam dan pada siklus 10 menit kedua; lampu mesin periksa menyala menunjukkan kesalahan dengan salah satu konverter statistik.

Setiap monitor memiliki kriteria dan seperangkat prasyarat yang harus ada sebelum dijalankan. Ada juga hierarki bagaimana setiap monitor berjalan. Dalam hal ini, monitor konverter katalis tidak akan berjalan karena monitor sensor oksigen tidak diatur dan komputer mengandalkan sensor oksigen untuk menguji efisiensi katalis untuk mengatur monitor tersebut. Dengan sensor oksigen yang melewati uji mereka, mereka kemudian dapat menentukan kesalahan dalam sistem kontrol emisi dengan catalytic converter yang tidak efisien.

Karena catalytic converter harus dipesan dari gudang negara bagian, seluruh proses ini memakan waktu beberapa hari. Dengan setiap tonggak diagnostik, saya menelepon pelanggan dan menjelaskan dalam detail yang sama yang telah saya ilustrasikan di sini apa yang diperlukan untuk memperbaiki kendaraan mereka agar memenuhi persyaratan pemeriksaan negara kami.

Ironisnya, sementara dalam proses mengganti catalytic converter saya menerima panggilan telepon yang menanyakan apakah kami GRATIS Diagnostik Lampu Mesin. Pada awalnya saya mengerutkan kening, tetapi daripada menjelaskan ekonomi 101 kepada mereka, saya mengarahkan mereka untuk menghubungi toko suku cadang lokal waralaba yang menawarkan pemeriksaan kode komputer gratis, diagnostik yang diperlukan dan kemudian akan menjual semua bagian bagi Anda untuk memperbaiki masalah. Pikiran saya melayang ke tagihan $ 120,00 yang saya bayarkan pada hari sebelumnya untuk sebuah perusahaan pemanas dan pendingin udara setempat untuk mendiagnosis sistem udara pusat kami yang tidak berfungsi untuk kantor yang mengambil semua puncak 30 menit. Itu beralih ke pemberitahuan baru-baru ini bahwa rencana medis kami meningkat sebesar 12% tahun ini dan dampak yang akan terjadi pada premi bulanan kami saat ini yang sudah berjumlah pembayaran hipotek sederhana. Telepon berdering, ini adalah janji temu, yang menyebabkan saya fokus pada permintaan mereka. Kemudian; Saya menarik napas panjang dan kembali ke tugas perbaikan.

Setelah menyelesaikan penggantian catalytic converter yang gagal, saya melakukan siklus penggerak 10 menit lagi dan kali ini semua monitor diatur kecuali untuk sistem evaporasi (salah satu monitor yang paling sulit untuk dijalankan dan diatur). Tidak ada kesalahan yang tertunda disimpan dalam sistem komputer, jadi saya 99% yakin bahwa kendaraan itu akan melewati inspeksi Delaware State. Hari berikutnya pelanggan menelepon untuk melaporkan bahwa kendaraan itu akhirnya lewat.

Lewat sudah hari-hari kita bisa membuka kap mesin dan memutar sekrup atau hanya mengatur waktu dan mobil berjalan lebih baik. Apakah itu mengganggu saya bahwa teknologi telah mengalami percepatan ke tingkat yang jauh melampaui perdagangan yang sebanding namun kami gagal untuk diakui secara tepat? Benar! Tetapi pada akhir hari saya pulang dengan rasa puas yang kuat dalam memiliki pelanggan yang puas yang membuatnya berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: , , ,